Bupati Lamtim Tinjau Lokasi Karhutla di Kecamatan Jabung

Bupati Lamtim Tinjau Lokasi Karhutla di Kecamatan Jabung

FOTO : Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari beserta jajaran Pemkab Lampung Timur meninjau lokasi kebakaran lahan gambut yang terletak di Desa Adiluhur, Kecamatan Jabung, Senin (23/09/2019).…

LAMPUNG TIMUR (Otonominews) - Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari beserta jajaran Pemkab Lampung Timur meninjau lokasi kebakaran lahan gambut yang terletak di Desa Adiluhur, Kecamatan Jabung, Senin (23/09/2019).

Bupati didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mansyur Syah, serta Forkopimcam Jabung.

"Memasuki musim kemarau, kita sering mendengar bahwa sering terjadinya kebakaran lahan di beberapa wilayah baik itu melalui media cetak maupun online," tutur Zaiful diawal sambutannya. 

Peninjauan lokasi karhutla di wilayah Lampung Timur tersebut langsung dilakukan begitu mendengar ada kebakaran lahan di Kecamatan Jabung.

Usai meninjau langsung ke lokasi, Zaiful menyampaikan keprihatinannya akan hal tersebut dan menjelaskan bahwa Lampung Timur diketahui memang memiliki beberapa titik rawan kebakaran. 

"Tentunya kita turut prihatin dengan kejadian ini karena kemarin saat kami rapat di Polda Lampung hal ini menjadi salah satu sorotan juga, yakni titik api yang ada di Lampung Timur, terutama yang kemarin itu ada di wilayah Way Kambas itu tertinggi kemudian diikuti dengan kejadian di Jabung ini ada beberapa titik" ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Zaiful pun menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terutama yang berkaitan dengan api. 

"Kita menghimbau kepada saudara-saudara kita karena percikan rokok saja bisa menjadikan hal yang dapat merugikan kita semua, oleh karena itu kita harus bisa bersama sama menjaga dan berhati hati,"

 

Ketika berbincang-bincang dengan warga selama dilokasi, Zaiful mengatakan bahwa terdapat beberapa usulan dari warga untuk membuat sumur bor, hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi jika terjadi hal serupa dikemudian hari.

"Tadi terkait beberapa usulan dari saudara-saudara kita ada beberapa titik nanti sumur bor untuk pertanian, insyallah kedepan akan kita tampung usulan ini untuk bisa kita bantu dan realisasikan  pembangunan sumur bor yang ada di lahan-lahan pertanian. Hal ini dalam rangka mengantisipasi kejadian kejadian demikian" ujar pria yang akrab disapa Bang Ipul ini.

Lebih lanjut terkait kerugian dari kejadian ini, orang nomor satu di Bumei Tuwah Bepadan itu mengatakan bahwa akan mengkoordinasikannya dengan dinas terkait untuk dicarikan solusi terbaik. 

"Kita akan mencoba melakukan pendataan baik itu melalui kelompok tani, kepala desa dan camat terkait berapa luas lahan dan kerugiannya itu apa saja, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan mengkoordinasikan hal itu dengan pihak terkait baik itu BPBD, Dinsos dan lain nya, agar kita bisa membantu mencarikan solusi dan jalan keluar terbaik" pungkasnya. 

Diketahui sekitar lima hektare lahan gambut di Desa Adiluhur tersebut terbakar. Sebagian besar lahan itu ditanami sawit oleh warga. Pemerintah Lampung Timur sendiri telah berupaya melakukan pemadaman melalui BPBD dengan dibantu oleh personel TNI dan Polri serta masyarakat.

Populer Berita