Sekda Kabupaten Gorontalo : Eksistensi DWP Suksesnya Pembangunan

Sekda Kabupaten Gorontalo : Eksistensi DWP Suksesnya Pembangunan

FOTO : Sekda Kabupaten Gorontalo Ir Hadijah U Tayeb membuka rapat evaluasi DWP.…

LIMBOTO (Otonominews) - Semangat kaum ibu diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman, terutama dalam perkembangan pembangunan yang ada di daerah ini. 

Demikian disampaikan Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir Hadijah U Tayeb MM saat membuka dan memberikan arahan pada rapat evaluasi DWP Kabupaten Gorontalo, Selasa (08/10/19). 

Hadijah mengatakan, dengan semangat persatuan dan kesatuan kaum ibu, dapat mengikuti perkembangan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo. 

“Eksistensi dan kontribusi kaum ibu khususnya kaum ibu yang bernaung dalam organisasi Darma Wanita Persatuan (DWP) dapat menetukan suksesnya pembangunan suatu daerah,” 

 

Kegiatan turut dihadiri Pembina DWP Dr Fory Naway, M.Pd, Ketua DWP Kabupaten Gorontalo Aviah Dunggio Tulie, serta jajaran DWP Kabupaten Gorontalo.

Panglima ASN (Aparat Sipil Negara) di Pemkab Gorontalo itu menambahkan, potensi kaum ibu yang bernaung didalam organisasi wanita diharapkan mengambil bagian dalam pembangunan melalui karya-karya nyata. 

Dirinya mencontohkan, karya nyata kaum ibu hadir dalam kegiatan-kegiatan seperti rapat evaluasi DWP ini, sehingga bisa memperoleh informasi terkait kebijakan-kebijakan pembangunan di Kabupaten Gorontalo. 

“Kita bisa tahu kegiatan dan berbagai program pemerintah daerah. Baik itu, yang sementara dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan,” ungkap Hadijah.

Seperti diketahui, para suami dari ibu-ibu DWP adalah semua ASN yang ada di Kabupaten Gorontalo. Baik itu pejabat maupun staf. Oleh karena itu, dirinya berharap kinerja suami dalam mensukseskan pembangunan harus ditunjang pula oleh para istri yang kapasitasnya DWP di setiap Instansi pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo.

“Minimal update dengan berbagai kegiatan. Baik itu kegiatan setiap hari, kegiatan mingguan atau kegiatan bulanan yang dilaksanakan oleh para suami,” harap Hadijah.

Disamping itu, lanjut Hadijah, peran ibu-ibu sangat diharapkan dalam memberikan pembinaan secara kontinyu terhadap anak-anak di rumah. Anak-anak diminimalisir dari berbagai pergaulan dan penyakit masyarakt. 

“Ibu-ibu dapat mengawasi pergaulan anak-anak jangan sampai terjerumus dalam pergaulan besas. Misalnya miras, narkoba dan lain-lain. Membina anak-anak sehingga tumbuh kembangkan kecerdasan anak merupakan juga eksistensi ibu-ibu dalam mensukseskan program pembangunan di Kabupaten Gorontalo,” papar Hadijah.

Sekda menambahkan, kepekaan sosial ibu-ibu juga diharapkan. Ia mencontohkan misalnya, menjumpai kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi. Temuan ini dapat dilaporkan atau diinformasikan kepada para suami yang memegang jabatan. Sehingga akan cepat-cepat di tindak lanjuti melalui kegiatan dan program yang sedang jalan.

“Pada dasarnya, kebersamaa, persatuan dan kolaborasi semua ibu-ibu dalam organisasi perempuan yakni DWP maupun PKK hingga ke tingkat desa sdalam menunjang kinerja suami sangat dibutuhkan dalam mensukseskan pembangunan di daerah ini," tandas Hadijah.

Populer Berita