Akibat Kisruh RAPBD 2020, Dua Jabatan Kosong

Anies Persilahkan PNS Luar Jakarta Daftar Posisi Kadisparbud dan Kepala Bappeda

Anies Persilahkan PNS Luar Jakarta Daftar Posisi Kadisparbud dan Kepala Bappeda

FOTO : Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan pada Moment Car Free Day DKI Jakarta - Dok Pribadi ABW…

JAKARTA, (otonominews) - Akibat kisruh anggaran janggal Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020 DKI Jakarta, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta dan Kepala Bappeda DKI Jakarta, Edy Junaedi dan Sri Mahendra mengundurkan diri.

Karenanya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberikan kesempatan bagi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) dari luar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengisi dua jabatan yang kini kosong tersebut.

"Jadi memang akan ada rekrutmen terbuka dan untuk Bappeda. Itu akan dibolehkan ASN dari luar DKI untuk mendaftar, jadi terbuka untuk semua," kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (03/11/2019).

Akan tetapi, Anies Baswedan belum memastikan kapan rekrutmen itu dibuka. Namun ia sempat menyebut kemungkinan seleksi kepala dinas baru akan dilakukan tahun depan.

Anies Baswedan menyebut, setidaknya akan ada tiga lowongan kepala dinas yang dibuka. Sebab Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI akan dipisah menjadi dua badan.

"Karena tahun depan dipisahkan, dinas pariwisata sendiri, dinas kebudayaan sendiri, dan memang sudah dipisahkan," tutur dia.

Taktik membuka lowongan pejabat eselon II seperti ini bukan pertama kali dilakukan Anies Baswedan. Dia juga membuka lowongan setingkat kepala dinas untuk PNS dari luar DKI usai memecat beberapa pejabat pada 2018, seperti Kadisparbud Tinia Budiarti, Kadinkes Koesmedi Priharto, dan Kepala Kesbangpol Darwis Muhammad Aji.

Sebanyak 25 dari 39 jabatan eselon II di Pemprov DKI saat itu dilelang untuk PNS luar DKI. Setelah proses yang hening, Anies melantik 7 pejabat eselon II secara diam-diam pada 9 Januari 2019.
 

Populer Berita

Gubenur NA Janjikan Kucuran Dana, Selain Dana Desa

Gubenur NA Janjikan Kucuran Dana, Selain Dana Desa

Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H.M. Nurdin Abdullah, M.Agr., (NA) Didampingi Penyelenggara Bimtek, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Kadis Kominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si. Saat Bimtek Menghadiri Ketebukaan Informasi Melalui Penguatan PPID Desa dengan Standarisasi Layanan Keterbukaan Informasi Publik Desa…