Bupati Nelson: Pemkab Gorontalo Dorong Lahirnya DOB Wilayah Boliyohuto

Bupati Nelson: Pemkab Gorontalo Dorong Lahirnya DOB Wilayah Boliyohuto

FOTO : Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menghadiri rapat dan diskusi dengan masyarakat Boliyohuto Cs dalam rangka pembahasan Persiapan Pembentukan Daerah Otonom Baru ( DOB) Kabupaten Boliyohuto Provinsi Gorontalo, Jumat (08/11/19).…

LIMBOTO (Otonominews) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendukung penuh lahirnya daerah otonom baru (DOB) untuk wilayah Boliyohuto Cs. 

Keberhasilan Pemkab Gorontalo kurang lebih empat tahun dibawah kepemimpinan Bupati Nelson tak hanya memikirkan kemiskinan turun, pengangguran turun, Investasi dan ekonomi naik, termasuk APBD setiap tahun mengalami kenaikan.  

Hal tersebut disampaikan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menghadiri rapat dan diskusi dengan masyarakat Boliyohuto Cs dalam rangka pembahasan Persiapan Pembentukan Daerah Otonom Baru ( DOB) Kabupaten Boliyohuto Provinsi Gorontalo, Jumat (08/11/19).

“Saya tak hanya memikirkan keberhasilan pemerintah disegala bidang, namun bagi saya, bagaimana juga mendukung aspirasi masyarakat dalam rangka lahirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) Boliyohuto ini,” beber Nelson.

Kegiatan itu dihadiri perwakilan presidium pembentukan Kabupaten Boliyohuto Wahid Badu, anggota dewan Provinsi Gorontalo Warsito, anggota dewan Kabupaten Gorontalo Syarifudin Mangopa, Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Drs Selmin Papeo, Camat Boliyohuto Grup, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. 

Lebih lanjut Nelson mengatakan, wilayah Boliyohuto Cs terus berkembang. Dari sisi Sumber daya manusia (SDM), potensi wilayah, Infrastruktur, ekonominya terus mengalami kenaikan bahkan dibandingkan dengan ibukota Limboto diwilayah ini sudah ada mal.

“Melihat perkembangan yang ada, saya berpikir ini harus dimekarkan,” kata Nelson.

Tiga tahun silam, kata Nelson, dirinya bukan tidak setuju lahirnya DOB ini. Akan tetapi, sang deklarator Provinsi Gorontalo itu  mendorong bahkan mempersiapkannya  dengan baik. 

Karena itu, dirinya mendorong  infrakstruktur dan paling tidak jalan-jalan disini sudah dibangun, walaupun belum semua. 

“Bayangkan saja jalan Desa Pangahu selama Indonesia merdeka baru sekarang diaspal,” tutur Nelson.

Dukungan lain, pemerintah Kabupaten Gorontalo hari ini di kecamatan Boliyohuto sudah ada rumah sakit dan secara bertahap membangunnya. Pada anggaran perubahan tahun ini, 4,5 Miliyar dikucurkan sehingga Ia menargetkan bulan januari tahun 2020 sudah mulai beroperasi.

“Walaupun banyak yang mempersoalkan, namun intinya rumah sakit ini secara bertahap diselesaikan. Tahun ini di anggaran perubahan 4,5 Miliyar dan tahun depan 18 miliyar untuk perluasan demi selesainya bangunan rumah sakit tersebut,” beber Nelson. 

Bahkan kata Nelson, OTK rumah sakit sudah diselesaikan, sehingga jika tak ada aral melintang November atau desember direkturnya dilantik dan setelah dilakukan penataan dan januari beroperasi. 

Infrastruktur lain sebagai pendukung, diantaranya Pembangunan terminal, pembangunan pintu gerbang, Damkar ditempatkan disini, termasuk tahun depan pelabuhan bilato sudah akan dibangun. 

“Pelabuhan Bilato ini kalau jadi, maka pelabuhan terbesar di gorontalo di bagian selatan, akan, sehingga eksport dan import itu melalui disini,” jelas Nelson.

Ia mengatakan, kehadiran pelabuhan bilato juga akan menambah PAD akan naik. 

 

“Ini dalam rangka mempersiapkan infrastruktur. Tak hanya infrastruktur, ekonominya juga terus didorong melalui sektor pertanian, peternakan dan sebagainya,"

 

Setelah ekonomi, lanjut Nelson, sumber daya manusia disiapkan dengan baik.

“Guru-guru, tenaga kesehatan bahkan camat-camat sudah diarahkan pada orang-orang Boliyohuto asli termasuk mengidentifikasi OPD, sehingga mereka inilah yang akan menjadi pejabat-pejabat  ketika DOB ini lahir,” tutur Nelson. 

Karena itu, kata Nelson, apa yang disiapkan pemerintah Kabupaten Gorontalo ini diharapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Boliyohuto Cs.  Bahkan dalam rangka mempercepat lahirnya DOB Boliyohuto, pemerintah Kabupaten Gorontalo telah membentuk tim pendamping.
 
“Namanya tim pendamping bukan tim percepatan dan ketuanya Asisten Pemerintahan Drs Selmin Papeo dan sekertarisnya kepala BKD- DIKLAT Safwan bano,” ungkap Nelson.  

Nelson menjelaskan, bentuk dukungan lainnya, Pemerintah Kabupaten Gorontalo tengah menyiapkan pembangunan perguruan tinggi. Tak sampai disitu, Pemkab Gorontalo juga telah menyediakan anggran tahun ini pada pos APBD-P bahkan tahun depan juga dianggarkan dalam rangka pembentukan DOB tersebut. 

“Saya yakin dan percaya bahwa potensi boliyohuto ini sangat luar biasa, dari sisi wilayah, ekonomi dan SDM, infrastruktur untuk dilahirkan DOB,” tandas Nelson.

Diakhir sambutannya, dirinya berharap kooridinasi dan komunikasi antara presidium, pendamping dan pemerintah daerah terus ditingkatkan. Demikian pula, untuk terus melakukan kajian-kajian terkait syarat dan administrasi yang akan dipaparkan dipusat sana. 

“Sepuluh tahun lalu wacana pembentukan DOB boliyohuto, maka secara otomatis sudah banyak perubahan terkait peta wilayah dan sebagainya. Maka ini perlu dikaji kembali sehingga data dipusat sana juga akan dirubah ketika tim memaparkan kembali hasil kajiannya,” tutup Nelson.

Sementara itu, perwakilan presidium Pembentukan Boliyohuto, Wahid Badu menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. 

“Terima kasih kepada Pak Bupati dalam hal ini pemerintah daerah yang memberikan dukungan sepenuhnya untuk melahirkan DOB ini,” kata Wahid Badu.

Populer Berita