Lampung Timur, Kabupaten Peduli HAM Tahun 2019

Bupati Zaiful Bokhari Sebut, Penghargaan Bukan Tujuan Utama Jalankan Pemerintahan

Bupati Zaiful Bokhari Sebut, Penghargaan Bukan Tujuan Utama Jalankan Pemerintahan

FOTO : Bupati Lampung Timur ZaifulBokhari Saat Memamerkan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tahun 2019 yang Diperoleh Kabupaten Lampung Timur…

BANDUNG, (otonominews) - Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menerima penghargaan untuk Lampung Timur sebagai Kabupaten Peduli HAM Tahun 2019 dalam acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-71 Tahun 2019, Selasa (10/12/2019).

Peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ini sendiri diperingati setiap tanggal 10 Desember yang mana di Indonesia tahun ini peringatannya dipusatkan di Gedung Merdeka, Jl. Asia Afrika No.65 Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Peringatan hari HAM sedunia ini telah dimulai sejak tahun 1948, sehingga tahun ini telah memasuki tahun ke-71 dengan tema "Pelayanan Publik Yang Berkeadilan".

Dalam acara ini, hadir pula Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly serta Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yang juga bertindak sebagai tuan rumah. Selain itu, turut hadir juga sejumlah Gubernur, Wali Kota, dan Bupati se-Indonesia.

Dalam penyampaianya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melaporkan bahwa pada tahun 2019 ini dari jumlah keseluruhan 514 kabupaten/kota yang ada di Indonesia, tercatat 432 kabupaten/kota atau 84% yang telah berpartisipasi mengajukan data capaian untuk dinilai, dan dari jumlah tersebut hanya 272 kabupaten/kota atau 62% yang meraih kabupaten/kota peduli HAM.

Yasona menjelaskan bahwa yang dimaksud peduli HAM itu ialah merujuk kepada upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia.

"Penghargaan peduli HAM ini diberikan kepada Kabupaten dan Kota sudah dimulai sejak 2013 dengan tujuan untuk memotivasi dan mendorong realisasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat terutama dibidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan yang berkelanjutan", ujar Yasonna. 

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari bersyukur karena berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia, 

"Saya atas nama Bupati dan pribadi sebagai masyarakat Lampung Timur mengucapkan terimaksih atas prestasi yang Kabupaten Lampung Timur terima yakni katagori Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia. Ini merupakan capaian yang luar biasa untuk Kabupaten Lampung Timur bersama dengan 4 kabupaten kota lainnya se-Provinsi Lampung yang memperoleh penghargaan yang sama," ujar Zaiful Bokhari.

Zaiful Bokhari juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh OPD dan seluruh yang terlibat. "Insyaallah bisa dipertahankan dan dikembangkan lebih baik lagi  ke depannya", ujarnya.

Zaiful Bokhari berpesan dengan diraihnya penghargaan tersebut, tidak membuat Pemerintah Lampung Timur menjadi jumawa dan tetap memberikan yang terbaik untuk rakyat.

"Saya juga berpesan dengan prestasi ini tidak jumawa, karena penghargaan itu bukan tujuan utama kita menjalankan pemerintahan ini sebagai abdi masyarakat. kita bekerja melayani masyarakat dengan maksimal sesuai peraturan dan perundang-udangan itu lebih baik dari pada sekendar penghargaan," pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut selain Kabupaten Lampung Timur adapun kabupaten kota lain dari Provinsi Lampung yang juga menerima penghargaan ialah Kabupaten Lampung Utara, Tulang Bawang, Pringsewu dan Kota Metro. 

Populer Berita

Ketua MPR: UE Merusak Tatanan Perdagangan Global

Ketua MPR: UE Merusak Tatanan Perdagangan Global

Ekspor bahan mentah dengan nilai tambah yang rendah sudah harus dikurangi, dengan mengutamakan pengolahan menjadi barang jadi siap pakai diĀ  negeri sendiri. …