DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Terima Penghargaan dari Pemerintah Pusat

Anies Baswedan Sukses Wujudkan Lingkungan Kerja Bebas dari Korupsi

Anies Baswedan Sukses Wujudkan Lingkungan Kerja Bebas dari Korupsi

FOTO : Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan Saat Menerima Penghargaan KemenPAN-RB sebagai Lingkungan Kerja Bebas Korupsi yang Diserahkan Langsung oleh Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin …

JAKARTA, (otonominews) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa, (10/12/2019).

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada para peraih penghargaan atas keberhasilannya dalam membangun zona integritas di lingkungan unit kerja strategis baik tingkat kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Kepada unit kerja yang berhasil membangun zona integritas, diharapkan mampu memacu seluruh pegawai dan atau pimpinan di unit kerjanya untuk terus melakukan upaya perbaikan birokrasi, mencegah praktik korupsi sehingga mewujudkan pelayanan publik yang prima,” ujar Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

Usai menerima penghargaaan, sebagai Kepala Daerah Pemimpin Perubahan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, penghargaan Zona Integritas menilai komitmen pimpinan dan jajaran pemerintahan menjadikan lingkungan kerja sebagai wilayah bebas dari korupsi. 

Hasil ini yang diperoleh tersebutm jelas Anies Baswedan, didasarkan pada berbagai indikator, termasuk hasil survei persepsi korupsi dan hasil survei kualitas layanan.

“Alhamdulillaah, kami di Pemprov DKI Jakarta dinilai sebagai salah satu yang terbaik oleh KemenPAN-RB. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta yang telah bekerja keras mewujudkan Ibukota sebagai Zona Integritas dan telah berhasil melewati proses seleksi dari semua lembaga negara, kementerian dan Kepala Daerah di seluruh Indonesia," jelasnya.

Anies menyebut, dirinya menempatkan apa yang sudah diterimakanya tersebut sebagai penghargaan bagi seluruh jajarannya. "Kami berdiri di sana mewakili semua yang telah bekerja keras mewujudkan Jakarta sebagai Zona Integritas,” tegasnya.

Dalam perhelatan itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta turut meraih Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). 

Penganugerahan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dinilai telah mampu dan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pelopor perubahan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan mengemban tugas sebagai Role Model, yakni memberikan contoh dan tauladan tentang pentingnya perubahan ke arah yang lebih baik dengan menjadi tiga hal antara lain:

Menjadi Penggerak, yakni mendorong dan menggerakan pegawai untuk berpartisipasi dalam perubahan menuju arah yang lebih baik;

Menjadi Pemberi Solusi, yaitu memberikan alternatif solusi kepada pegawai dan atau pimpinan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menghadapi kendala dalam proses perubahan menuju ke arah yang lebih baik 

Menjadi Mediator, yakni memperlancar proses perubahan, terutama menyelesasikan masalah yang muncul dalam pelaksanaan penerapan zona integritas/ Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Populer Berita

Ketua MPR: UE Merusak Tatanan Perdagangan Global

Ketua MPR: UE Merusak Tatanan Perdagangan Global

Ekspor bahan mentah dengan nilai tambah yang rendah sudah harus dikurangi, dengan mengutamakan pengolahan menjadi barang jadi siap pakai diĀ  negeri sendiri. …