HUT DKI di Tengah Pandemi Covid-19

Anies Baswedan: Tema Jakarta Tangguh, Tanda Ketangguhan Jakarta Melewati Banyak Cobaan

Anies Baswedan: Tema Jakarta Tangguh, Tanda Ketangguhan Jakarta Melewati Banyak Cobaan

FOTO : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), Foto Antara…

JAKARTA (otonominews) -- Ada yang berbeda dari perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT DKI Jakarta yang ke-493 tahun ini. Karena pandemi virus corona (Covid-19) tak ada pesta rakyat, ulang tahun Jakarta pun digelar dengan pesta virtual. Kali ini, upacara peringatan HUT DKI Jakarta ke-493 mengangkat tema Jakarta Tangguh. Alasannya berkaitan dengan Covid-19 yang masih menyebar saat ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dalam peringatan HUT DKI Jakarta ke-493 mengangkat tema Jakarta Tangguh. Anies beralasan, tema tersebut berkaitan dengan pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih menyebar. Ia mengatakan pengambilan tema ini menandakan ketangguhan Jakarta dalam melewati banyak cobaan.

"Tahun ini kita memilih tema Jakarta tangguh untuk menggambarkan di kota ini ada penduduk yang memiliki semangat tinggi memiliki ketangguhan, sehingga ketika tahun 2020 berikan tantangan yang tidak kecil yaitu menghadapi pandemi Covid-19," ujar Anies Baswedan saat pimpin Upacara Ulang Tahun Jakarta ke-493 di halaman Balai Kota DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (22/6/2020).

Upacara dilangsungkan dengan protokol pencegahan penularan Covid-19 yang ketat. Para peserta upacara mengenakan masker serta menjaga jarak aman antara satu dengan yang lainnya.

Anies menganggap pandemi yang dihadapi Jakarta bukan pertama kalinya. Ia menyebut saat wabah flu spanyol satu abad lalu, Jakarta juga terkena dampaknya."Kota ini telah melewati berbagai tantangannya. Bencana dan cobaan silih berganti," jelasnya.

Kendati perayaan ulang tahun Ibu Kota terlaksana di tengah pandemi. Namun Anies mengatakan ada kado spesial buat warga Jakarta yakni turunnya angka reproduksi wabah mematikan itu. Penyebarannya sudah mulai terkendali. Dengan begitu, warga mulai dapat beraktivitas secara terbatas.

"Dan seakan 22 Juni ini kado bagi masyarakat Jakarta bahwa di saat kita memperingati HUT kota ini, pada saat ini juga alhamdulillah pandemi yang pernah besar di Jakarta saat ini sudah terkendali," ujarnya.

Ia mengatakan, tak ada peningkatan indeks penularan di Jakarta selama 2 minggu pemberlakuan PSBB transisi. Untuk itu, Anies akan tetap melakukan transisi hingga akhir Juni dan melakukan evaluasi.

"Kita tidak akan kembali seperti Jakarta yang dulu. Kita akan berubah menjadi Jakarta yang lebih baik, yang warganya berpola hidup sehat. Jakarta yang langitnya biru, Jakarta yang semakin memanfaatkan teknologi dalam kegiatan sehari-hari, Jakarta yang masyarakat saling peduli, saling menjaga membantu," tuturnya.

Tak hanya krisis kesehatan, mulai dari ekonomi, bencana alam, hingga krisis sosial juga disebutnya pernah dihadapi. Karena itu ia menganggap tema ini membuktikan Jakarta hampir melewati semua rintangan.

"Jakarta yang tangguh, Jakarta yang kembali menggeliat, Jakarta yang berketahanan, Jakarta yang penuh keberkahan, Jakarta yang tangguh, Jakarta yang membanggakan kita semua," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Barisan peserta upacara ulang tahun Jakarta disusun dengan jaga jarak aman. Seluruh peserta juga terlihat memakai masker. Jumlah peserta dibatasi hanya diikuti sekitar lima puluhan ASN, jauh berbeda dengan upacara pada tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di lapangan silang Monas dengan ribuan peserta.

Upacara dimulai pukul 07.35 WIB tampak hadir Wakil Pimpinan DPRD DKI Muhamad Taufik, Abdurahman Suhaimi dan Zita Anjani hingga anggota Komisi VII DPR RI Abraham Lunggana alias Haji Lulung.

Upacara dimulai dengan pembacaan sejarah singkat lahirnya Kota Jakarta. Perayaan HUT DKI Jakarta tahun ini mengangkat tema Jakarta Tangguh. Tema ini cermin harapan agar Jakarta menjadi kota yang kuat dan tidak goyah dihantam pandemi corona.

Anies juga menjelaskan bahwa pada HUT DKI kali ini semua agenda dan acara dilakukan dengan metode virtual. Perayaan seperti festival dan yang berkerumun untuk saat ini ditiadakan.

"Upacara kita selenggarakan di sini dengan jumlah yang amat kecil dan dengan menjaga protokol kesehatan anda lihat sendiri pesertanya hanya sekitar 150 orang," kata dia.

Pemerintah DKI mengadakan pelbagai acara ulang tahun Jakarta secara virtual. Acara mulai dari Tur Virtual, Jakarta Great Online Sale, Gubernur Menyapa Warga, dan Streaming di Berita Jakarta TV.

"Mudah-mudahan ini memberikan pengalaman baru bagi masyarakat bahwa memanfaatkan teknologi secara optimal untuk kegiatan,kegiatan interaksi sosial ekonomi budaya termasuk pengalaman tour kota menggunakan metode virtual," tutupnya

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, tur secara virtual di sejumlah lokasi wisata di Jakarta rencananya dilaksanakan pada Senin 22 Juni 2020.

"Kita buat virtual tur di beberapa objek wisata seperti Ancol, Ragunan, dan Pulau Seribu," kata Cucu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Imam Hadi Purnomo menyatakan, saat perayaan HUT Jakarta, masyarakat juga dapat menonton secara virtual tur kegiatan di sejumlah museum. Seperti halnya museum sejarah, seni, hingga bahari.

Dia juga menyatakan, pihaknya telah menyiapkan pula Jakarta City Philarmonic, tayangan soal profil Planetarium, profil Masjid Amir Hamzah, dan Setu Babakan.

"Lalu ada Tik Tok, pergelaran seni budaya, sejarah Kota Jakarta dalam virtual tur museum sejarah," kata Imam saat dihubungi.

Populer Berita