Kreasi Motif Batik Bekasi Terus Dikembangkan 

Kreasi Motif Batik Bekasi Terus Dikembangkan 

FOTO : Dewi Marda didamping Sri Sunarni sedang menunjukkan batik Bekasi pada pengunjung.…

BEKASI (otonominews.net) - Batik Bekasi semakin mengembangkan pasar. Seiring hal tersebut, para pelaku yang terlibat dalam perkembangan batik Bekasi pun berupaya mengembangkan kualitas baik dari segi bahan, dan kreasi variasi motif yang terus inovatif.

Dewi Marda pembatik Bekasi, salah satu warga Bekasi yang turut berperan mengembangkan pasar Batik Bekasi. Ia mengaku suka dengan batik, karena berpikir batik merupakan warisan budaya yang harua dilestarikan. Belajar membatik sudah sekitar 5 tahun digelutinya sejak munculnya Batik Bekasi.

"Kalau bukan kita yang melestarikan budaya sendiri, siapa lagi?," tutur Dewi, Minggu (15/7)

Mahasiswi jurusan Akutansi Universitas Mulia Pratama Bekasi ini beberapa kali memenangkan lomba membatik atau mencanting

Ia pun memaparkan beberapa kejuaraan membatik yang diikutinya, diantaranya juara harapan membatik di Kabupaten Bekasi, dan di tingkat nasional Dewi meraih10 besar mewakili Jawa Barat.

"Tanggal 17 Juli nanti saya mewakili Jawa Barat ikut lomba membantik di Yogyakarta," kata Dewi.

Pada lomba itu, lanjut Dewi, katagori yang dinilai adalah kerapihan nyanting, keindahan warna, dan kreativitas motif. Lomba membatik itu diselenggarakan oleh Asosiasi Batik Nusantara pimpinan Hj Dedeh Komalasari

Sementara salah satu pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) Batik Bekasi, Sri Sunarni (56) menambahkan, batik Bekasi kini semakin memasyarakat. Tak hanya itu, kata dia, peminatnya pun semakin banyak.

Sri menjelaskan, pada beberapa even pameran yang menampilkan batik Bekasi, selalu menghasilkan transaksi cukup lumayan.

"Seperti beberapa waktu lalu di Hotel Santika Harapan Indah, banyak pengunjung yang beli batik Bekasi, sehingga lumayan transaksinya. Begitu pula saat  pameran HUT bank Bukopin di Jakarta, juga ada transaksi cukup bagus," papar Sri.

Namun begitu, ia menambahkan, diakuinya ternyata masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa Bekasi punya batik. 

Hal tersebut, kata dia, diketahui saat pameran, banyak pengunjung yang heran ternyata Bekasi punya Batik khas.

"Alhamdulillah, walaupun banyak yang baru tahu, banyak yang suka dengan batik Bekasi, jadi banyak yang beli di pameran," pungkasnya.

Populer Berita