Pahami Kemarahan Warga Papua, Bamsoet Ajak Pemuda Pulihkan Semangat Membangun Daerah

Pahami Kemarahan Warga Papua, Bamsoet Ajak Pemuda Pulihkan Semangat Membangun Daerah

FOTO : Bambang Soesatyo…

JAKARTA (Otonominews) – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bicara tentang kericuhan di Papua dan Papua Barat yang berujung tindakan anarkis.

Politisi Golkar akrab disapa Bamsoet ini mengungkapkan bahwa dirinya dapat memahami kemarahan para pemuda Papua yang dipicu aksi rasisme.

“Bisa dipahami, jika orang muda Papua marah karena perlakuan tidak etis sekelompok orang terhadap mahasiswa asal Papua di Malang, Surabaya dan Semarang. Namun, kemarahan itu hendaknya tidak berlarut-larut,”

 

Namun dirinya mengimbau, sebaiknya kemarahan tersebut tidak diekspresikan dengan anarkistis, tapi melalui pernyataan keberatan kepada pihak yang berwajib.

“Kemarahan itu hendaknya diekspresikan melalui pernyataan keberatan atau laporan kepada pihak berwajib. Hindari tindakan atau aksi anarkis yang pada gilirannya hanya akan merugikan warga setempat dan semua warga Papua,” imbaunya.

Bamsoet mengatakan, sentimen positif bagi pembangunan berkelanjutan di Papua telah dimulai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena itu, ia mengajak generasi muda Papua untuk segera memulihkan kembali semangat membangun daerah. 

“Generasi muda Papua dipanggil untuk menjaga dan merawat sentimen positif itu, tentunya demi masa depan orang muda Papua, dan dilandasi semangat persaudaraan sebangsa dan satu tanah air Indonesia,”

Bamsoet juga mendorong agar generasi muda Papua menyudahi kemarahan yang hingga saat ini masih belarut-larut, serta memulai kegiatan yang produktif dan positif, dengan cara pulihkan dinamika ruang publik sebagai tempat perjumpaan warga.

Kegiatan pada semua fasilitas publik seperti bangunan kantor pemerintah hendaknya dimulai lagi agar fungsi-fungsi pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Bamsoet menegaskan, sebagai bagian tak terpisah dari NKRI, komitmen negara-bangsa membangun Papua tidak akan pernah berkesudahan.

“Tak hanya membangun infrastruktur melainkan juga membangun dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi generasi milenial di Papua. Terbukti sejak 2014, Presiden Jokowi telah mengakselerasi pembangunan di Papua,” ucap dia.

Ia menambahkan, pembangunan infrastruktur di Papua menjadi bukti betapa pemerintah dan Presiden Jokowi telah bersungguh-sungguh dalam memberi perhatian lebih kepada Papua. 

"Hubungan yang harmonis antara warga Papua dengan Presiden pun telah dibuktikan ketika Jokowi menang sangat telak di Tanah Papua dalam pemilihan presiden tahun ini,” pungkas Bamsoet.

Populer Berita

Dilapor Polisi Dengan Pasal Berlapis, Jumras Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Dilapor Polisi Dengan Pasal Berlapis, Jumras Terancam Hukuman 7 Tahun Penjara

Tim Kuasa Hukum Nurdin Abdullah yang diwakili oleh Mustandar SH kepada wartawan, hari ini, mengatakan, pihaknya sudah melaporkan Jumras ke Polisi, terkait pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik, pasal 311 KUHP terkait fitnah, dan pasal 242 KUHP tentang sumpah palsu, pada Jamis (18 Juli 2019) lalu.…