Anies: China Lebih Bineka Dari Indonesia, Tapi Kita Bangga Persatuan Indonesia

husnie | Rabu, 26 Mei 2021 - 18:30 WIB

Anies: China Lebih Bineka Dari Indonesia, Tapi Kita Bangga Persatuan Indonesia FOTO : Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan


JAKARTA, (otonominews) -- Saat momentum perayaan Hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara tentang membangkitkan spirit persatuan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Bagaimana kita berbicara tentang membangkitkan semangat persatuan. Saya ingin garis bawahi membangkitkan semangat persatuan, kita adalah bangsa yang amat beragam, umat manusia amat beragam," kata Anies di Jakarta, Rabu (26/5).

Keberagaman, terangnya, merupakan kodrat dari ciptaan Tuhan. Maka  sebagai umat manusia harus berusaha menciptakan persatuan.

"Keberagaman itu adalah kodrat, keberagaman itu adalah ciptaan Tuhan, karena itulah kita harus mengusahakan persatuan," imbuh Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan bahwa Indonesia memiliki keunikan karena tak hanya beragam orangnya, melainkan kuatnya persatuan setiap masyarakat.

Anies kemudian berbicara tentang keunikan Indonesia. Menurut dia, keberagaman yang ada di Indonesia berbeda dari negara lain. Keberagaman di Indonesia lebih unik karena ditambahkan nilai persatuan. Anies kemudian mencontohkan  India, China dan negara lainnya misalnya.

Bahkan lihatlah Papua Nugini, lebih bineka dari kita, lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya. Namun hal tersebut dinilai tak cukup menandingi Indoneisia.

Anies Baswedan mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang beragam, mulai dari suku, bahasa, hingga budayanya. Karenanya, saya sering menggarisbawahi, yang unik dari Indonesia bukan binekanya, karena banyak bangsa lain lebih bineka dari Indonesia.

“Lihatlah Afghanistan, lebih banyak bahasanya, lebih banyak sukunya. Tapi yang membedakan yang harus kita banggakan dari Indonesia adalah persatuan Indonesia," jelas Anies.

Dikatakannya keragaman adalah ciptaan Tuhan, persatuan merupakan hal yang harus diusahakan oleh antarmanusia. Karena itu, dia mengajak pihak-pihak lain juga terus mendorong adanya semangat persatuan.

"Yang membedakan dan kita banggakan adalah persatuan Indonesia. Keragaman adalah ciptaan Tuhan, tapi persatuan adalah usaha manusia. Persatuan itu hasil usaha kita, kalau keragaman itu bawaan kita. Karena itu, kalau kita mengagungkan bawaan, itu namanya mengagungkan ciptaan Tuhan," kata Anies.

Anies berharap persatuan Indonesia tertanam diri masing-masing pribadi manusia. Anies menyebut, dalam diri manusia perlu dibangun rasa kesetaraan, kebersamaan, dan bekerja sama.

"Inilah yang harus kita dorong, persatuan Indonesia, persatuan yang ada di dalam diri kita, perasaan kesetaraan, perasaan kebersamaan, perasaan bekerja bersama-sama," tandasnya.

Dia juga berharap semangat tersebut dapat diimani oleh seluruh warga negara. Hal ini akan berimbas sampai bagaimana keharmonisan berhubungan lintas agama.

"Kami di DKI Jakarta mengikhtiarkan itu karena kami percaya bahwa Jakarta adalah bhinneka, Jakarta adalah beragam dan tugas kita adalah menghadirkan perasaan persatuan, menghadirkan perasaan kebersamaan," imbuhnya.