Munas VIII Kadin di Bali Batal, 25 Ketua Provinsi Sambangi Ketum Kadin

hen | Minggu, 30 Mei 2021 - 11:47 WIB

Munas VIII Kadin di Bali Batal, 25 Ketua Provinsi Sambangi Ketum Kadin FOTO : Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.(ist)


JAKARTA (Otonominews.co.id) – Menyusul setelah ditetapkannya penundaan rencana Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Munas Kadin) VIII, para Ketua Umum Kadin tingkat provinsi menyambangi Katua Umum Kadin Pusat Rosan Perkasa Roslani.  

Ketua Umum Kadin Sumbar H Ramal Saleh bersama 24 Ketua Kadin Propinsi dari seluruh Indonesia, bertemu dengan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, di kediamannya di Jakarta, Sabtu (29/5/2021) malam. Kedatangan mereka untuk membahas soal penundaan Munas Kadin Indonesia.

Diketahui, bahwa Ketum Kadin Indonesia, tanggal 28 Mei 2021 menulis surat resmi yang ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI menyatakan bahwa Munas Kadin VIII yang sebelumnya diagendakan 2-4 Juni 2021 di Nusa Dua Bali, diundur menjadi tanggal 30 Juni 2021 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kepada para Ketum Kadin Provinsi, Rosan juga menjelaskan bahwa rencana penundaan itu, adalah atas permintaan Panglima Tertinggi Indonesia yakni Presiden Jokowi.

“Jadi saya harap teman teman mahfum (paham) dengan penundaan ini dan dapat menjelaskan kepada pengurus Kadin Propinsi,” ujar Rosan.

Rosan pun membantah bila ada yang menyebutkan bahwa ada rapat penundaan Munas bersama para pengurus dan panitia di Kadin Indonesia, yang sebelumnya berlangsung cepat dan tidak tuntas.

Menurut Rosan, malah, itu rapat terpanjang yang pernah dilaksanakan Kadin Indonesia yakni berakhir pada pukul dua belas malam, setelah sempat jeda selama satu jam. 

“Jadi tolong jangan didengarkan jika ada pihak-pihak tertentu yang menyebutkan rapat penundaan Munas di Kadin Indonesia berjalan singkat dan tidak tuntas. Itu hanya suara suara yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Rosan.

Rosan di depan 25 Ketum Kadin Propinsi juga menyatakan bahwa pihaknya tidak membuka diskusi soal penundaan Munas itu. Tetapi hanya dimintakan pemahaman saja, supaya tidak terjadi simpang siur.

Rosan meminta Kadin Provinsi lebih mempersiapkan diri secara matang menghadapi Munas di Kendari 30 Juni mendatang.Demikian rilis resmi Kadin Sumbar.

Seperti diketahui,   Munas VIII di Bali dalam rangka pemilihan ketua umum Kadin yang awalnya diagendakan pada 2-4 Juni 2021 di Nusa Dua, Bali, namun dibatalkan.

Kepada awak media, saat ditanya soal pembatalan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa menolak memberikan jawaban.

"Saya tidak mau jawab soal itu," kata Rosan usai menghadiri Silaturahim Nasional Kadin Indonesia yang digelar di Hotel Four Season Jakarta, Jumat (28/5/2021) malam.