Vaksin Tahap ke-14 Datang Hari Ini Disambut Menteri BUMN di Bandara Soeta

hen | Senin, 31 Mei 2021 - 07:30 WIB

Vaksin Tahap ke-14 Datang Hari Ini Disambut Menteri BUMN di Bandara Soeta FOTO : Ilustrasi.(ist)


JAKARTA (Otonominews.co.id) – Indonesia akan menerima lagi kiriman vaksin Covid-19 tahap ke-14 di Bandara Soekarno Hatta, Senin (31/5) hari ini.

Menurut jadwal, kedatangan vaksin tahap ke-14 pada pukul 12.05 WIB, dan akan diterima oleh Menteri BUMN Erick Thohir, yang sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Masyarakat dapat melihat kedatangan vaksin tersebut di kanal youtube Sekretariat Presiden sebagai berikut https://www.youtube.com/c/SekretariatPresiden.

Kedatangan vaksin sebelumnya, pada 25 Mei 2021, disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto 2021 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 8 juta dosis yang dikirim itu dalam bentuk bulk. Jika dihitung-hitung jumlah Vaksin Sinovac yang telah diterima Indonesia sampai saat ini, berjumlah 83,9 juta dosis vaksin.

Airlangga menjelaskan, ada berbagai jenis Vaksin yang diterima Indonesia.

“Vaksin yang sudah kita terima sampai saat ini adalah vaksin jadi Sinovac 3 juta dosis, AstraZeneca 6,4 juta dosis, Sinopharm 1 juta dosis, dan kedatangan vaksin Sinovac pada hari ini sebanyak 8 juta dosis,” ujar Airlangga.

Ia memastikan, bahwa pemerintah terus menjaga ketersediaan stok vaksin agar pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan target tahapan yang telah ditetapkan. 

"Pemerintah selalu memastikan faktor keamanan mutu dan khasiat sehingga tidak perlu ada keraguan bagi masyarakat dalam menerima vaksin-vaksin yang disediakan di Indonesia melalui proses evaluasi oleh Badan POM,'' katanya. 

Ia menjelaskan, untuk mencapai kekebalan imunitas masyarakat Indonesia diperlukan 181,5 juta vaksin atau 70 persen penduduk Indonesia, yang terdiri dari SDM Kesehatan di tahap pertama, Lansia dan petugas publik yang jumlahnya sekitar 40 juta jiwa di tahap kedua. 

Sementara itu, per Minggu (30/5), jumlah masyarakat yang menjalani vaksinasi ke-1 sejumlah 16.304.700 orang, dan vaksinasi ke-2 10.584.489 orang.