Politikus PDIP Ini Usulkan Puan Maharani - Anies Baswedan Pasangan Capres 2024

hen | Senin, 31 Mei 2021 - 09:32 WIB

Politikus PDIP Ini Usulkan Puan Maharani - Anies Baswedan Pasangan Capres 2024 FOTO : Ilustrasi.(ist)


JAKARTA (Otonominews.co.id) - Ditengah polemik antara DPD PDIP Jawa Tengah dengan Gubernur Ganjar Pranowo terkait Capres 2024, tiba-tiba salah satu politikus PDIP mengeluarkan usulan berbeda.

Dalam sebuah diskusi virtual "Crosscheks", yang digelar Minggu 30 Mei 2021 kemarin, Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon mengusulkan Puan Maharani maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024 berpasangan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Effendi Simbolon membeberkan usulnya tersebut, sekaligus menanggapi isu yang berkembang tentang skenario koalisi PDIP dan Partai Gerindra dengan calon presiden Prabowo Subianto, sedangkan Puan Maharani di posisi cawapres.

"Saya punya usul, saya bilang Mbak Puan itu dipasangkannya harus sama Anies Baswedan. Jangan lagi Prabowo. Jadi Puan capres, Anies cawapres," kata Effendi Simbolon, Minggu (30/5). 

Jika PDIP berkoalisi dengan Gerindra dengan calon Prabowo dan Puan, kata Effendi, suara mereka masih kurang dari 40 persen. 

Menurut dia, pasangan Prabowo-Puan masih berpotensi kalah jika hanya ada dua calon presiden. Namun, Effendi berkeyakinan, jika Puan Maharani berpasangan dengan Anies Baswedan, partai-partai pendukung Anies dapat memperkuat koalisi bersama PDIP. 

Ia mengatakan komposisi ini tak memiliki celah kekalahan karena menandakan bersatunya kelompok nasionalis dan religius.

Dalam diskusi virtual tersebut Effendi juga menyebutkan, elektabilitas Puan Maharani akan melejit jika sudah di-racing, misalnya dengan berkeliling ke berbagai daerah. 

Anggota Komisi 1 DPR RI ini juga berpendapat jika Puan sudah berkeliling, elektabilitasnya bahkan bisa menyalip Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Karena, menurutnya, impresi masyarakat juga bergantung pada siapa yang datang ke daerah mereka. 

Effendi mengaku telah mengusulkan agar Puan mulai bergerak kendati belum ada keputusan pencapresan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Saya bilang sama partai, Mbak Puan diusung lah, dimajukan. Belum diputuskan iya, tapi sudah mulai dong. Wong 34 provinsi enggak cukup dua tahun," kata Effendi.