Menhan: Pembelian Alutsista Baru Sangat Mendesak Bagi Indonesia

husnie | Rabu, 02 Juni 2021 - 19:15 WIB

Menhan: Pembelian Alutsista Baru Sangat Mendesak Bagi Indonesia FOTO : Menhan Prabowo Subianto


JAKARTA, (otonominews) -- Komisi I DPR RI menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan agenda pembahasan anggaran untuk Tahun Anggaran (TA) 2022 mendatang di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/6/2021).

Raker ini sendiri berlangsung selama kurang lebih 6 jam dan dilakukan secara tertutup.

Kepada para awak media usai mengikuti Raker, Prabowo menyatakan, dirinya diminta oleh Komisi I DPR RI menjelaskan konsep rencana induk Pertahanan Indonesia ke depan.

"Tadi kita beri penjelasan tentunya tadi kita fokusnya pada anggaran. Anggaran tahun 2022 tapi tentunya saya diminta menjelaskan tentang konsep rencana induk ke depan," kata Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Prabowo mengaku, pihaknya telah menyusun rencana induk pertahanan Indonesia tersebut.

Prabowo Subianto menyebut, ada beberapa hal di luar agenda yang ditetapkan pada Raker ini yang juga dipertanyakan Komisi I DPR RI.

"Kita sudah menyusun itu, ya kita membahas banyak hal dan banyak pertanyaan juga. Ya ada juga isu-isu di luar dan sebagainya saya jelaskan satu per satu," ungkap capres tahun 2014 dan 2019 ini.

Terkait rencana pembelian alutsista baru untuk memperkuat pertahanan Indonesia, Prabowo menyatakan, hal tersebut sudah sangat mendesak, lantaran banyaknya alutsista lama yang sudah tua.

Prabowo mengungkapkan, rencana pembelian alutsista tersebut telah digodok bersama pihaknya bersama Bappenas, Kemenkeu, dan para pemangku kepentingan lainnya.

"Rencana ini masih kita godok bersama Bappenas, Kemenkeu, dan para pemangku kepentingan lainnya sebagaimana diketahui banyak alutsista kita sudah tua, sudah saatnya sangat mendesak untuk diganti," tegas mantan Danjen Kopassus ini.

Lebih lanjut, mantan Pangkostrad ini menambahkan, pembelian alutsista baru ini sangat penting bagi Indonesia untuk menghadapi dinamika lingkungan strategis yang berkembang sangat pesat.

"Kebutuhan-kebutuhan ini sangat penting dan kita siap menghadapi dinamika lingkungan strategis yang berkembang dengan sangat pesat," pungkas Prabowo Subianto.