Andi Hasdullah: Momentum Penting Percepatan Pembangunan Di Sulsel Berwawasan Lingkungan

Wie | Sabtu, 05 Juni 2021 - 10:59 WIB

Andi Hasdullah: Momentum Penting Percepatan Pembangunan Di Sulsel Berwawasan Lingkungan FOTO : Andi Hasdullah


MAKASSAR, (otonominews)  --  Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan dan peduli lingkungan yang positif bagi perlindungan dan pelestarian alam dan planet bumi tempat manusia hidup dan membangun peradaban dunia.

“Tanggal 5 juni 2021 kita kembali peringati hari lingkungan hidup se dunia yang menjadi momentum penting untuk pembangunan yang berkelanjutan di Sulsel,” ujar Andi Hasdullah mantan Kadis KLH Provinsi Sulsel, Sabtu (5/6/2021).

Jadi, lanjutnya, pola berpikir kita tidak boleh lagi ada pembangunan yang tidak dikaji aspek kelayakan lingkungannya dan hal itu sudah dilakukan dan perlu terus dioptimalkan terutama pihak pemerintah mulai dari kajian lingkungan sebelum terbit perizinan, kegiatan pemantauan, pembinaan dan pengawasan bahkan termasuk upaya penegakan hukum bagi pihak yang melakukan pelanggaran lingkungan secara berkeadilan.

“Pembangunan dalam berbagai sektor adalah suatu keniscayaan guna memenuhi kebutuhan manusia dan membangun peradaban yang makin maju yang berujung untuk pada hadirnya kesejahteraan rakyat semesta,” paparnya.

Merujuk pada komitmen dunia pada tanggal 25 September 2015 bertempat di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), para pemimpin dunia secara resmi mengesahkan Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) sebagai kesepakatan pembangunan global yang dihadiri Kurang lebih 193 kepala negara hadir, termasuk Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla turut mengesahkan Agenda SDGs.

Dengan mengusung tema “Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan” guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs itu berlaku bagi seluruh negara bersifat universal sehingga seluruh negara tanpa kecuali memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDGs.

“Olehnya itu peringatan hari lingkungan hidup se dunia kali ini perlu menjadi momentum penting bagi pemerintah, swasta, NGO, masyarakat dan pemangku kepentingan untuk makin peduli dan terus mendorong percepatan pembangunan di Sulsel yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dalam rangka memajukan daerah untuk kesejahtraan masyarakat- leave no one behind,” pungkasnya.