KDEI Gelar Fashion Show di Rakernas DPP Pengajian Al Hidayah

Aris | Jumat, 28 April 2017 - 12:58 WIB

KDEI Gelar Fashion Show di Rakernas DPP Pengajian Al Hidayah FOTO :


Reporter: Ferry Edyanto

JAKARTA (otonominews.net) – Beberapa waktu lalu, berlangsung Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP Pengajian Al Hidayah yang digelar di Hotel Millenium, Jakarta Pusat. Dalam Rakernas tersebut, juga digelar acara fashion show yang bekerjasama dengan Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI).

Dalam agenda Rakernas juga ada acara fashion show yang melibatkann sepuluh desainer KDEI. Para desainer tersebut diantaranya, Chansya by Yus Octavia, Zafira by Huliavita, Jasmine by Jasmine, Shaza by Adelin, Meisya by Kaiwo, GNC by Gistha Nirmala, Rumah Ampiek by Nadhila, Giyanti by Lala Gistanti, Dewi Sambi by Uthie, dan Butik Lentera by Hj. Ratu Anita Sofia.



Salah seorang desainer yang tampil dalam pagelaran busana itu, Yus Octavia, Chanasya mengangkat tema busana batik Solok, Sumatera Barat, yang motifnya diambil dari motif ukiran Rumah Gadang, dan bergaya baju kurung, yang mengangkat budaya keelokan ranah minang.

Saat ini, batik Minang telah memiliki 200 motif andalan yang tengah dikembangkan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat. Batik tersebut memiliki filosofi dari kehidupan dan alam, sehingga dalam pengaplikasian motif dan warna sangat detail.



Kesemua desainer mengangkat kain-kain nasional Indonesia dalam desain busana mereka. Gaun-gaun itu dirancang sedemikian rupa sehingga tampak begitu memukau. Kain-kain etnik tanah air, bukan saja menjadi aplikasi tapi juga menjadi bahan seluruh gaun.  

Seperti kain Palembang koleksi dari Butik Lentera. Kain lainnya, yaitu: batik, lurik, blongsong, songket, dan tenun, merona keindahannya. Disajikan dalam gaya dress panjang dengan warna-warna, cerah, soft, hangat, hingga warna kuat. Keindahan busana yang ditampilkan mendapat apresiasi dari Ketua Umum Al Hidayah terlebih lagi dari para peserta.