Plt Gubernur: Dinsos dan BPBD Sulsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan

Wie | Jumat, 18 Juni 2021 - 17:12 WIB

Plt Gubernur: Dinsos dan BPBD Sulsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan FOTO : Dinsos dan BPBD Sulsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan


MAKASSAR, (otonominews) -- Bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Desa Sukaraya, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara, pada Senin 14 Juni lalu, telah mendapat penanganan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama pemerintah kabupaten.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengaku, dalam keadaan bencana ini, bantuan terus disalurkan dari BPBD maupun Dinas Sosial Sulsel.

"Tim dari pemerintah provinsi terus memantau dan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat," ujarnya, di Makassar, Kamis, 17 Juni 2021.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Luwu Utara, hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di Desa Sukaraya, Kecamatan Bone-Bone, pada Senin 14 Juni 2021. Akibatnya, sebanyak  27 unit rumah atau bangunan yang dihuni 89 jiwa milik warga mengalami kerusakan.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, bencana yang terjadi di tiga dusun tersebut mengakibatkan kerusakan pada rumah warga. Bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD Sulsel pun telah dibagikan kepada masyarakat terdampak kerusakan rumah akibat angin puting beliung. Bantuan itu disalurkan melalui Pemkab Luwu Utara.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sulsel, Herman, menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinsos Luwu Utara untuk menurunkan bantuan. Penanganan penyaluran bantuan tersebut, juga atas instruksi Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, agar bantuan segera dibagikan kepada masyarakat terdampak bencana.

"Bantuan kami selalu siapkan. Jika ada permintaan tambahan dari Dinas Sosial kabupaten, kami siap segera melayani," katanya.