Widyastuti:  Kondisi Tempat Tidur Perawatan Pasien Covid-19 Semakin Menipis

husnie | Selasa, 20 Juli 2021 - 12:30 WIB

Widyastuti:  Kondisi Tempat Tidur Perawatan Pasien Covid-19 Semakin Menipis FOTO : Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti


JAKARTA, (otonominews) -- Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti menerangkan, tingkat keterisian tempat isolasi Covid-19 di DKI Jakarta saat ini disebut dalam keadaan terkendali. Presentase hunian isolasi sejauh ini sekitar 27-30 persen. 

"Artinya masih punya spare (cadangan) tempat untuk isolasi terkendali bagi warga yang terkonfirmasi positif, baik OTG maupun gejala ringan," ujar Widyastuti dalam keterangannya di YouTube, Selasa (20/7).

Widyastuti juga mengatakan kondisi tempat tidur perawatan pasien Covid-19 semakin menipis. Hal ini disebabkan karena penambahan pasien bergejala sedang dan berat.

"Ini kapasitas tempat tidur kita yang terus menerus kita tambah. Karena persentase kasus yang menjadi sedang dan berat itu menjadi bertambah cepat," katanya.

Widyastuti memastikan kebutuhan kamar isolasi terkendali pasien Covid-19 masih mencukupi. Kendati begitu, penambahan tempat tidur di 140 rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 perlu dilakukan.

"Kita sedang berjuang terus menambah kapasitas (di rumah sakit)," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah menambah lokasi isolasi terpusat pasien Covid-19 di Ibu Kota. Saat ini total ada 184 tempat isolasi yang disediakan Pemprov DKI. 

Daftar tempat isolasi ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 891 Tahun 2021 tentang Penetapan Lokasi Isolasi dan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Lokasi Isolasi dalam Rangka Penanganan Covid-19.