Anies Optimis Jakarta Akan Bangkit dan Lebih Tangguh Dalam Setiap Situasi Krisis

husnie | Kamis, 05 Agustus 2021 - 05:19 WIB

Anies Optimis Jakarta Akan Bangkit dan Lebih Tangguh Dalam Setiap Situasi Krisis FOTO : Gubernur DKI Anies Baswedan saat berbincang dengan Wali Kota London Sadiq Khan


JAKARTA, (otonominews) – Lewat akun Facebook pribadinya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunggah momen bincang virtual bersama Wali Kota London, Sadiq Khan untuk membahas krisis iklim.

“Senang sekali kemarin bisa berbincang secara virtual dengan Walikota London, Mr. Sadiq Khan,” ujar Anies, Rabu (4/8/2021).

Anies mengungkapkan, London dan Jakarta memang bukan sister cities, tapi kedua kota memiliki semangat yang sama dalam menghadapi krisis iklim.

Pertama, sebagai sesama anggota C40 Cities, Jakarta terus mengerjakan gerakan mengatasi krisis iklim dengan menjadi kota berketahanan dan nol emisi.

“Semua itu dikerjakan dengan semangat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan, terlebih di masa pandemi seperti ini, kami optimis Jakarta akan bangkit dan menjadi lebih tangguh dalam setiap situasi krisis,” paparnya.

Kedua, lanjutnya, Jakarta dan London memiliki karakteristik yang mirip. Sebuah wilayah metropolitan yang besar hasil dari aglomerasi dan tulang punggung perekonomian nasional diberikan posisi khusus sebagai ibu kota negara.

Bukan hanya itu baik Jakarta maupun London juga memiliki kesamaan diplomasi iklim di forum C40 maka dari itu. “Kami di Jakarta siap berkolaborasi dan bertukar pengalaman antar dua kota sehingga upaya untuk membuat kedua kota lebih berketahanan iklim akan menjadi lebih kuat,” katanya.

Anies mengungkapkan pada November 2021, Wali Kota Khan akan menjadi salah satu pembicara utama pada acara Jakarta Invesment Forum 2021.

“Terakhir, kami juga mengundang Walikota Khan untuk mengambil bagian sebagai salah satu pembicara utama untuk acara kami, “Jakarta Investment Forum 2021” yang akan diadakan pada November nanti,” pungkas mantan Mendikbud ini.

Menurut Anies, ini merupakan salah satu komitmen Indonesia memperkuat kerjasama bilateral dengan Inggris, khususnya pada bidang perubahan iklim.