Hari Ini, IPDN dan TNI AL Gelar Gebyar Vaksinasi di KRI dr Soeharso

Wie | Senin, 13 September 2021 - 10:36 WIB

Hari Ini, IPDN dan TNI AL Gelar Gebyar Vaksinasi di KRI dr Soeharso FOTO : Persiapan Vaksinasi


JAYAPURA, (otonominews) -- Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bersama TNI Angkatan Laut menggelar gebyar vaksinasi di Kota Jayapura, Provinsi Papua, 13 September 2021.

Vaksinasi ini bertujuan untuk mempercepat capaian target herd immunity menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Vaksinasi akan digelar di atas KRI dr Soeharso, Pelabuhan Laut Jayapura serta Kampus IPDN Papua di kawasan Buper, Kota Jayapura.

Kepala Biro Adm, Kerja Sama dan Hukum IPDN, Arief M. Edie menyampaikan, vaksinasi akan berlangsung selama 28 hari dengan target tanpa batas. Vaksinasi akan digelar di tiga kabupaten/kota di Papua, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

“Dosis yang kita bawa ini kurang lebih ada 1 juta lebih dosisnya, baik untuk TNI AL dan IPDN, untuk tiga kabupaten itu selama 28 hari ke depan, mulai dosis pertama hingga dosis kedua,” kata Arief di Jayapura, Minggu, 12 September 2021.

Arief menjelaskan, vaksinasi ini menyusul keberhasilan IPDN dalam gebyar vaksinasi di Bandung. Keberhasilan tersebut diapresiasi Presiden Joko Widodo hingga berlanjut di Papua.

“Kami diminta dari Kementerian melanjutkan vaksinasi lagi dan kami melihat sekolah IPDN ada beberapa tempat dan pertama kami memilih Papua melihat adanya kegiatan PON XX, sehingga kami bersama TNI AL keroyok untuk vaksin,” terangnya.

Dalam vaksinasi di Kampus IPDN Papua, sambung Arief, pihaknya menyediakan kendaraan bagi masyarakat yang ingin mengikuti vaksin. Tak hanya itu, paket sembako juga telah disiapkan bagi peserta vaksinasi.

“Kami berharap rencana vaksinasi ini dapat disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat yang belum divaksin, sehingga target 70 persen yang diberikan pemerintah dapat tercapai,” harapnya.



Wali Kota Jayapura Yakin Target 70 Persen Tercapai

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano meyakini bantuan IPDN dan TNI AL akan mempercepat capaian target 70 persen vaksinasi menjelang PON XX. Vaksinasi akan menyasar warga usia 12 tahun ke atas, pelajar SMP, SMA hingga masyarakat umum di Kota Jayapura.

“Target kita bisa sampai dengan awal pembukaan di bulan Oktober  mencapai 70 persen. Nah, nanti tanggal 13 dari IPDN dan TNI AL akan tiba dengan beberapa tenaga kesehatan,” tuturnya.

Tomi Mano mengajak seluruh masyarakat untuk menjalani vaksinasi agar dapat menyaksikan pertandingan PON XX. “Masyarakat yang sudah divaksin ini, nantinya bisa menonton langsung di tempat-tempat pertandingan di wilayah Kota Jayapura. untuk itu Marilah masyarakat semua vaksin,” ajak BTM sapaan Tomi Mano.