Bamsoet: Pemerintah Harus Perketat Penjagaan di Pintu Masuk Internasional

Husnie | Rabu, 15 September 2021 - 12:56 WIB

Bamsoet: Pemerintah Harus Perketat Penjagaan di Pintu Masuk Internasional FOTO : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo


JAKARTA , (otonominews) -- Menteri Kesehatan (Menkes) mengatakan, pemerintah tengah mengamati tiga varian baru Covid-19, yakni Lambda, Mu, dan C12.

Merespons hal tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta upaya serius pemerintah dalam mengantisipasi dan mencegah masuknya ketiga varian baru tersebut ke Indonesia.

"Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pengetatan penjagaan di pintu-pintu masuk internasional, memperketat tes masuk dan keluar, serta mendisiplinkan masyarakat untuk melakukan karantina," kata politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, Rabu (15/9/2021).

Bamsoet menghimbau, pemerintah bersama pihak-pihak terkait yang bertugas untuk meningkatkan pengawasan dan penjagaan di setiap pintu masuk via darat maupun laut. 

"Hal ini mengingat, saat ini pengawasan yang relatif baik hanya terjadi di pintu masuk via udara, seperti bandara," jelas Waketum Partai Golkar ini.

Bamsoet meminta agar pemerintah tidak ragu untuk menutup sementara akses masuk ke Indonesia terutama bagi negara yang terdeteksi terdapat kasus varian baru Covid-19. 

"Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam mengutamakan menjaga keselamatan rakyatnya," terang Ketua Umum IMI ini.

"Mengingat, varian-varian baru ini dapat menyebabkan peningkatan kluster kasus Covid-19, karena tingkat penyebarannya lebih cepat dari yang sebelumnya," pungkas Bamsoet.