Anies Ajak Warga Saling Bersinergi Tangani Pengendalian Kualitas Udara

Husnie | Sabtu, 18 September 2021 - 18:17 WIB

Anies Ajak Warga Saling Bersinergi Tangani Pengendalian Kualitas Udara FOTO : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (int)


JAKARTA, (otonominews) -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan, tengah menyusun kebijakan grand design untuk pengendalian kualitas udara di ibu kota. Untuk itu, Anies mengajak seluruh warganya saling bersinergi menangani pengendalian kualitas udara. Salah satunya dengan menggunakan transportasi umum.

“Kepada warga Jakarta kami juga titip Pemprov DKI Jakarta akan ambil langsung tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, tapi kami juga mengajak kepada semua yuk ambil peran lebih banyak pakai transportasi publik,” kata Anies dalam video yang diunggah di akun Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (18/9).

Anies juga mengimbau warga menggunakan kendaraan yang seminimal mungkin mengeluarkan emisi atau yang tidak mengeluarkan emisi seperti sepeda. Selain itu, dia mengajak warga tidak membakar sampah di tempat terbuka dan memastikan kendaraan terawat dan tidak melebihi ambang batas emisi.

“Ini adalah ikhtiar sama sama pemerintah ambil tanggung jawab dan saya mengajak seluruh warga Jakarta mari kita semua ambil tanggung jawab,” ujar Anies.

Diketahui, pemprov DKI tengah mempersiapkan grand design pengendalian kualitas udara yang disebut Quick Wins. Anies menegaskan bahwa Jakarta tidak akan berpangku tangan dalam menangani pengendalian kualitas udara.

“Kami memilih untuk berada di barisan depan bersama dengan kota kota utama dunia lainnya. Dengan ini saya ingin mengajak kepada semua mengundang seluruh Pemangku kepentingan khususnya warga negara yang punya ide, punya gagasan, inovasi, Inisiatif mari kita kolaborasikan bersama-sama,” tegasnya.

Anies berharap grand design Quick Wins yang sedang dipersiapkan oleh pemprov DKI untuk menangani pengendalian kualitas udara dapat menjadi salah satu terobosan besar dalam melawan perubahan iklim.

“Dan ini menjadi bagian kita kita harus ingat bumi ini bukan milik kita tak untuk kita rusak dan kita habiskan tapi bumi ini adalah kita pinjam dari anak cucu kita yang nantinya akan kita kembalikan kepada mereka kepada anak kita generasi anak anak dari anak anak kita Insya Allah dalam kondisi yang lebih baik,” tandasnya.