DPR RI Apresiasi Kinerja Pemko Pekanbaru Berhasil Masuk PPKM Level 2 Dalam Waktu Singkat

husnie | Kamis, 07 Oktober 2021 - 18:24 WIB

DPR RI Apresiasi Kinerja Pemko Pekanbaru Berhasil Masuk PPKM Level 2 Dalam Waktu Singkat FOTO : Anggota DPR RI komisi VIII Lisda Hendrajoni


PEKANBARU, (otonominews) -- Hanya dalam waktu dua bulan, pemerintah kota Pekanbaru berhasil menurunkan tingkat penularan resiko pandemi Covid 19. Dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 menjadi level 2, dua pekan lalu. 

Kini Pemko menargetkan Pekanbaru turun menjadi level 1 dalam dua pekan kedepan. Target tersebut disampaikan langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus usai rapat evaluasi PPKM.

“Kita targetkan kota Pekanbaru masuk dalam PPKM level 1 dalam dua pekan kedepan,”kata Firdaus, Rabu (05/10).

Agar target itu tercapai, Wako Firdaus mengajak seluruh warga Pekanbaru untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu, pemerintah kota juga terus memacu capaian vaksin dan rasio kontak erat. 

“Kita berusaha dalam dua pekan kedepan masuk dalam PPKM level 1,” jelas Wako Firdaus.

Menurut pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan kota Pekanbaru dr. Arnaldo Eka Putra, saat ini persentase warga yang sudah divaksin mencapai 70 persen. Dan itu akan terus ditingkatkan dalam waktu kedepan. 

“Warga Pekanbaru yang sudah divaksin mencapai 70 persen. Dan ini akan terus kami tingkat dalam waktu kedepan. Agar Pekanbaru berhasil keluar dari level 2 menjadi level 1,” terang Arnaldo.

Dia juga meminta seluruh tenaga kesehatan dibawah nauangannya untuk terus memacu kinerja dan semangat agar target yang telah ditetapkan walikota terealisasi dalam dua pekan kedepan. Termasuk kepada segenap warga kota agar terus mematuhi protokol kesehatan agar Pekanbaru masuk dalam zona hijau.

“Insya Allah kami akan berhasil mencapai target tersebut, tentunya dengan dukungan masyarakat agar terus disiplin dan tetap melaksanakan Prokes ketat,” jelas Arnaldo.

Sementara itu, anggota DPR RI komisi VIII Lisda Hendrajoni mengapresiasi kinerja Pemko Pekanbaru dan tenaga kesehatan yang berhasil masuk dalam kategori PPKM level 2 dalam waktu singkat. 

Hal itu membuktikan keseriusan pemerintah kota dalam mengantipasi tingkat penularan Covid 19 di wilayah tersebut. Dia berharap cara Pemko mengantasipasi wabah Covid 19 dapat ditiru oleh pemerintah daerah lain, khususnya di kawasan regional Sumatera.

”Pekanbaru ini salah satu kota besar dan ibukota provinsi. Tapi dalam waktu singkat mampu menurunkan PPKM level 4 menjadi level 2. Dia berharap Pekanbaru mampu turun lagi menjadi level 1. Sehingga kota ini dapat dijadikan percontohan diluar Jawa,” jelas anggota fraksi Nasdem itu yang juga anggota satgas Covid nasional.

Belakangan ini kata Lisda, tingkat kesadaran masyarakat terhadap antisipasi Covid 19 juga terus meningkat. Hal itu sangat membantu kinerja pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid 19. Kepala Kelompok Fraksi Nasdem itu juga mengingatkan agar pemerintah dan masyarakat tidak lengah. Agar persoalan wabah ini dapat teratasi dengan cepat. 

"Kita harap pemerintah daerah dan masyarakat tidak lengah dan terus waspada agar wabah ini dapat teratasi dengan cepat. Dan kita kondisi kembali normal,"tandas srikandi Nasdem tersebut.