Menko Airlangga: Para Pemimpin di KTT G20 Sepakat Kerjasama Dengan Indonesia

Wie | Minggu, 31 Oktober 2021 - 19:11 WIB

Menko Airlangga: Para Pemimpin di KTT G20 Sepakat Kerjasama Dengan Indonesia FOTO : Menko Perekonomian Airlangga Hartarto


ROMA, (otonominews) -- Seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di La Nuvola, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan keterangan pers secara daring di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/11/2021).

Beberapa pembahasan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan sejumlah pimpinan pemerintahan dan kepala negara antara lain sebagai berikut, dengan PM Australia, Scott Morisson, antara lain isu energi dan perubahan iklim, pengembangan energi hijau dan teknologi energi berbasis hydro, sektor wisata dan pendidikan, vaccinated travel lane antara Indonesia dan Australia, dan perkembangan ekonomi digital.

“Sementara dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, lanjutnya, membahas kolaborasi strategis terkait produksi bersama alutsista atau alat utama sistem persenjataan TNI,” ujar Airlangga sebagaimana dikutip lewat akun Instgramnya, @airlanggahartarto_official,  Minggu (31/10/2021).

Selain itu, lanjutnya, dukungan diberikan oleh Prancis kepada RI sebagai Presidensi G20 tahun 2022, di mana Presiden Joko Widodo akan mengakselerasi IEU CEPA, atau Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia—European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement).

“Presiden mengharapkan dengan keberadaan perjanjian ini maka Indonesia akan mampu semakin meningkatkan ekspor ke Eropa,” katanya.

Pertemuan juga dilakukan dengan Presiden Turki, Reccep Tayip Erdogan, membahas mengenai rencana kunjungan Presiden Turki ke Indonesia pada awal tahun depan. Selain itu dibahas pula mengenai rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indoensia dan Turki atau IT-CEPA.

“Kami sampaikan pula terkait pidato Bapak Presiden dalam Side Event KTT G20 bersama PM Italia, Mario Draghi, Ratu Belanda Ratu Maxima, dan Kanselir Jerman Angela Markel. Presiden membahas tentang pentingnya inklusi keuangan dan kehadiran perempuan sebagai pelaku UMKM, baik pada tataran mikro serta ultra mikr,” pungkasnya.