Kelas BCA SMK Negeri 9 Kota Bekasi Cetak Banker Pemula

hen | Jumat, 14 Januari 2022 - 08:54 WIB

Kelas BCA SMK Negeri 9 Kota Bekasi Cetak Banker Pemula FOTO : Siswa SMKN 9 Kota Bekasi Kelas BCA sedang praktek belajar mengisi uang di ATM.


BEKASI (Otonominews) - SMK Negeri 9 Kota Bekasi sejak dini sudah mempersiapkan siswanya menjadi tenaga kerja berkeahlian setelah lulus sekolah. Dengan demikian mayoritas lulusan SMK berlokasi di Jakamulya Bekasi Selatan ini tidak jadi pengangguran.

Dalam upaya tersebut, SMK yang kini dipimpin Dyah Sulistyowati ini menyediakan kelas industri. Kelas yang dinamakan Kelas BCA ini khusus bagi siswa jurusan Perbankan yang dipilih untuk kelak setelah lulus akan menjadi karyawan di BCA atau Bank Central Asia. Intinya, kelas khusus ini mencetak banker pemula yang akan dipekerjakan oleh BCA

Dyah mengungkapkan, program kelas industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah. Kelas ini dikelola secara bersama antara sekolah bekerjasama dengan Industri. Dalam hal ini kerjasama dengan BCA pada program mereka yang namanya Cash Management Academy (CMA) BCA.

Tahap seleksinya, Dyah menjelaskan, diawali dengan proses audisi, kemudian siswa yang bersedia, diseleksi lagi, apakah siswa tersebut benar-benar bertekad untuk terjun ke dunia industri setelah lulus, atau barangkali dia punya rencana lain.

 Foto: Kepala SMK Negeri 9 Kota Bekasi, Dyah Sulistyowati. 

Kelas BCA ini merupakan buah dari komunikasi yang dijalin Dyah dengan pihak BCA agar bekerjasama menyiapkan tenaga kerja.

“Dalam hal ini, SMKN 9 breakdown atau bekerjasama dengan BCA. Sehingga siswa nanti menjadi help desk dan bekerja menjadi tenaga kerja di BCA. Maka kelasnya pun disebut Kelas BCA,” ungkap Dyah.

“Jadi antara saya dan pihak BCA sudah menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerjasama membentuk kelas BCA,” imbuh Dyah.

Salah satu tenaga pengajar SMKN 9, Amalia Kuswandani menuturkan, pada kelas BCA, siswa menempati ruang kelas yang diseting oleh pihak BCA sesuai dengan desain yang dibutuhkan siswa mempelajari ilmu-ilmu untuk menjadi calon pegawai BCA, khususnya tenaga pengisi ATM. Ruang industri itu, kata Amalia, didesain mirip dengan ruangan di Bank.

Amalia sebagai Kepala Kompetensi Keahlian Perbankan ini menjelaskan, calon pegawai BCA ini sebelum lulus, atau masih kelas 12 jurusan Perbankan, sudah direkrut untuk bekerja. 

Ia menerangkan, siswa yang sudah direkrut BCA tahun ini dari SMKN 9 ada 21 anak laki-laki semua, karena mereka untuk tenaga pengisi ATM. 

“Sedangkan untuk siswa perempuan, mereka direkrut melalui program Magang Bakti BCA, direkrut untuk bagian teller dan customer service,” jelas Amalia.

Amalian menambahkan, terkait tenaga kerja yang direkrut dunia industry, untuk kelas Industri di SMK, jika sudah diminta oleh industri, maka harus diberikan. Maka meskipun ada siswa yang belum lulus, ada yang direkrut BCA untuk magang selama 6 bulan dan dibayar. Selama bekerja, mereka bisa belajar secara online untuk menyelesaikan pendidikannya,

“Di Kota Bekasi baru SMKN 9 yang memiliki kelas Industri BCA,” pungkasnya.