Gubernur Anies. Insya Allah Gelaran Formula E Berjalan Lancar

husnie | Kamis, 26 Mei 2022 - 06:54 WIB

Gubernur Anies. Insya Allah Gelaran Formula E Berjalan Lancar FOTO : Penampakan Formula E yang dipamerkan di kawasan Monumen Nasional Jakarta beberapa waktu lalu (RMOL)


SLEMAN, (otonominews) -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimis dan yakin gelaran Formula E akan berjalan lancar sesuai rencana. Ajang balapan mobil listrik tingkat internasional itu akan digelar pada 4 Juni 2022. Ini merupakan kali pertama Indonesia menggelar balapan mobil tanpa asap tersebut.

"Insya Allah tanggal 4 Juni nanti bisa berjalan lancar," ujarnya saat di Kampus UGM, Yogyakarta, Rabu (25/5/2022).

Saat ini, kata mantan Mendikbud tersebut, seluruh mobil yang akan dipakai untuk balapan Formula E sudah tiba di Jakarta.

"Semua kendaraan sudah tiba di Jakarta. Jadi sekarang dalam proses penyiapan untuk bisa dirakit kembali karena semua diterbangkan, sudah tiba," kata Anies.

Selain kesiapan kendaraan, kata Anies, sirkuit yang akan dipakai untuk balapan juga sudah siap. Menurutnya, persiapan di lokasi sirkuit tersebut sudah berjalan dengan baik.

"Kemudian persiapan di lokasi juga sudah berjalan dengan baik," tuturnya.

Sebelum balapan resmi dimulai, para pembalap akan menjalani dua kali latihan bebas pada pagi hari terlebih dahulu. Kemudian melakoni satu kali babak kualifikasi untuk menentukan posisi pembalap di grid.

Balapan resmi baru digelar pada siang menjelang sore pukul 14.30 - 16.30 WIB. Sementara para pembalap dijadwalkan tiba di Jakarta pada 28 Mei 2022.

Ajang balapan Formula E di Jakarta akan menjadi seri ke sembilan dari 16 edisi tahun 2022. Tahun ini menjadi musim ke delapan kompetisi balap mobil listrik tersebut.

Adapun Formula E Jakarta bakal diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Sirkuit ini dibangun di kawasan Pantai Karnaval Ancol, yakni di sisi selatan Ancol Beach City (ABC) Mall. Sirkuit ini dibangun memanfaatkan jalanan yang sudah ada.

Sebelumnya, Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menjelaskan, para pebalap Formula E Jakarta rencananya tiba di Ibu Kota mulai 28-29 Mei 2022.

Sementara itu, seperti dikutip antara, logistik para pebalap mulai tiba di Jakarta hingga 24 Mei 2022 untuk selanjutnya diperiksa Bea Cukai dan akan dibuka pada 27 Mei di Sirkuit Ancol.

Ia menjelaskan akan ada 22 unit mobil yang akan dikirim dengan badan terpisah dan akan dirakit setelah melalui pemeriksaan pihak berwenang.

"Nantinya mereka tidak tes lintasan, mereka langsung main karena mereka sudah main di simulator," ucapnya di Jakarta, Selasa (24/5).