Anies Baswedan: Pemerintah Provinsi Garda Terdepan Pemerintah Pusat Jalankan Fungsinya

Husnie | Senin, 20 Juni 2022 - 12:25 WIB

Anies Baswedan: Pemerintah Provinsi Garda Terdepan Pemerintah Pusat Jalankan Fungsinya FOTO : Anies Baswedan membuka Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI)


JAKARTA, (otonominews) -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bahwa Pemerintah provinsi menjadi garda terdepan bagi pemerintah pusat untuk menjalankan fungsi-fungsi yang harus dilaksanakan di tingkat daerah.

"Maka dari itu penting bagi kami melihat dinamika yang terjadi dan bagaimana kita bisa memastikan bahwa integrasi nasional benar-benar berjalan dengan baik," ungkap Anies dalam keterangan tertulis, Senin (20/6).

Dalam penyampaiannya, Anies memaparkan pentingnya integrasi nasional yang menempatkan persatuan sebagai unsur utama. Dia menekankan bahwa integrasi nasional saat ini merupakan elemen penting.

"Dan ini (integrasi nasional) penting sekali pada saat ini. Karena kita saat ini mengalami kemajuan di berbagai sektor dan pada saat yang sama kemajuan itu tidak terjadi sama di semua sektor," kata Anies.

"Ada yang pesat dan ada yang lambat. Ini memberikan tantangan pada kita agar kita bisa mempertahankan dan saling menguatkan," lanjutnya.

Sebelumnya, Anies mengungkapkan, integrasi nasional merupakan hal yang penting dilakukan agar program pembangunan wilayah dan nasional saling berhubungan.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan saat membuka Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gedung Raya Semarak, Bengkulu, Minggu malam (19/6). Dalam pembukaan itu turut hadir pula Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah serta para utusan masing-masing Pemerintah Daerah sebagai peserta.

Dikatakan Anies Baswedan, APPSI memiliki tanggung jawab menjalankan program pembangunan masing-masing wilayah dengan baik.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap tujuan tercapainya stabilitas nasional dapat terwujud dengan bekal integrasi. Karena, menurutnya, dalam seminar ini akan mendapatkan arahan dari Menkopolkam tentang bagaimana kita mengaruhi ke depan.

"Terlebih yang hadir di sini adalah asisten bidang pemerintahan dan kepala biro pemerintahan yang akan menerjemahkan arahan Bapak dan apa yang menjadi bahan seminar untuk bekal integrasi betul-betul terjaga," pungkasnya.