Solusi Nama Ortu Yang Salah di KK? Dirjen Zudan: Segera Dibetulkan

Wie | Sabtu, 24 September 2022 - 05:45 WIB

Solusi Nama Ortu Yang Salah di KK? Dirjen Zudan: Segera Dibetulkan FOTO : Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh


JAKARTA, (otonominews) -- Dalam sebuah kasus, ada pertanyaan, bahwa dirinya mengatakan baru mengetahui ayah dan ibu di KK bukan orang tua kandung saat dia mau menikah baru diberitahukan ayah dan ibu saya yang sebenarnya. Apa solusinya? 

"Sehingga yang selama ini saya ketahui sebagai orang tua saya ternyata bukan orang tua saya. Nah, apakah saya harus mengganti akte kelahiran saya," ujarnya.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, S.H., M.H,  menyampaikan, di Indonesia banyak kasus seperti ini. 

Demikian dikatakan Dirjen Zudan merespons pertanyaan dari pembaca yang menanyakan perlu tidaknya mengubah data kependudukan, setelah mengetahui orang tua yang tertera di Kartu Keluarga (KK) bukan orang tua kandung.

"Di pedesaan atau di tempat-tempat remote area banyak sekali anak-anak yang dimadlsukkan ke KK kakek neneknya, dan orang tuanya diambil dari kakek neneknya tersebut. Saat akan menikah baru diberitahu," terangnya, lewat video keterangannya, dilihat Sabtu (24/9/2022).

Untuk kasus-kasus seperti ini, jelasnya, data kependudukannya harus segera dibetulkan. 

"Nanti, diproses di Dinas Dukcapil nanti diterbitkan akte kependudukan yang baru dengan nama ibu yang sebenarnya dan nama ayah yang sebenarnya.Di kartu keluarganya juga kemudian dibetulkan," kata Dirjen Zudan.