Tabloid Anies Dilaporkan ke Bawaslu, Guspardi: Belum Masa Kampanye, Apa yang Salah?

Husnie | Jumat, 30 September 2022 - 12:36 WIB

Tabloid Anies Dilaporkan ke Bawaslu, Guspardi: Belum Masa Kampanye, Apa yang Salah? FOTO : Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus


JAKARTA, (otonominews) --  Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menyoroti sekelompok masyarakat yang melaporkan tabloid yang berisi Anies Baswedan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

Diketahui, tabloid tersebut disebar di sebuah masjid di kawasan Malang, Jawa Timur.

Menurut Guspardi, saat ini belum masuk massa kampanye, sehingga Bawaslu tidak ada kaitannya dengan penyebaran tabloid Anies di Malang itu.

"Sekarang ini kan belum ada kampanye, tidak ada persoalan, apa yang salah? Tidak ada kaitan apa yang terjadi di sana dengan kewenangan dari Bawaslu," ujar Guspardi, Rabu (28/9/2022).

Menurut Guspardi, Bawaslu itu bertugas ketika dalam masa kampanye, ada sesuatu yang dilanggar oleh peserta pemilu yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Itulah ranahnya Bawaslu dalam melakukan tindakan dan memproses sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku," tegas politisi PAN itu.

Guspardi menjelaskan, Bawaslu bisa saja menerima laporan tersebut. 

"Tentu tim mereka akan pelajari apakah laporan yang disampaikan sesuai dengan kewenangan mereka atau tidak atau apakah memenuhi syarat formil dan materil," terang Guspardi.

Legislator asal Dapil Sumbar 2 ini menambahkan, Bawaslu tentu saja akan tetap bekerja profesional, apabila ada pihak yang melaporkan ya boleh saja tidak ada persoalan. 

"Ini kan ibarat sesuatu yang belum ada apa-apa tapi sudah lapor melapor," pungkas Guspardi Gaus.

Diketahui, Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi melaporkan dugaan pelanggaran pemilu atas peristiwa penyebaran tabloid Anies Baswedan di sebuah masjid di Malang, Jawa Timur. 

Koordinator Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi, Mico Gea menilai hal itu sebagai politik identitas.